Perangkat Desa

Tupoksi Desa

KEPALA DESA

Pasal 8

  1. Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
  2. Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2),Kepala Desa memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
    • menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah;
    • melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan;
    • pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan;
    • pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna; dan
    • menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.
  4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kepala Desa wajib:
    • menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran kepada Bupati melalui Camat;
    • menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada akhir masa jabatan kepada Bupati melalui Camat;
    • memberikan laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada Badan Pemusyawaratan Desa setiap akhir tahun anggaran; dan
    • memberikan atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada masyarakat desa setiap akhir tahun anggaran.

 

Sekretaris Desa

Pasal 9

  1. Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa
  2. Sekretaris Desa mempunyai tugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan, terdiri atas:
    • mengoordinasikan penyusunan kebijakan dan program kerja pemerintahan desa;
    • pengoordinasian pelaksana teknis dan pelaksana kewilayahan;
    • mengoordinasikan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa;
    • menyelenggarakan kesekretariatan desa;
    • menjalankan administrasi desa;
    • memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi pemerintah desa;
    • melaksanakan urusan rumah tangga, dan perawatan sarana dan prasarana fisik pemerintah Desa;
    • melaksanakan pengumpulan data yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten;
    • menyampaikan informasi program Pemerintah Daerahkepada masyarakat;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas;dan
    • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris Desa mempunyai fungsi:
    • melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi;
    • melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas dan pelayanan umum;
    • melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan lembaga pemerintahan desa lainnya; dan
    • melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

 

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum

Pasal 10

  1. Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang membantu Sekretaris Desa dalam urusanketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan.
  2. Urusan Tata Usaha dan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Urusan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum mempunyai fungsi Melaksanakan urusan ketatausahaan meliputi:
    • tata naskah;
    • administrasi surat menyurat;
    • arsip;
    • ekspedisi;
    • penataan administrasi perangkat desa;
    • penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor;
    • penyiapan rapat;
    • pengadministrasian aset;
    • pengadministrasian inventarisasi;
    • pengadministrasian perjalanan dinas; dan
    • pengadministrasian pelayanan umum.
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas staf urusan Tata Usaha dan Umum meliputi sebagai berikut:
    • mencatat dan menginventarisir aset desa;
    • memelihara aset Desa;
    • mengelola administrasi kepegawaian;
    • menyiapkan bahan pelaksanaan rapat dan musyawarah Desa;
    • melakukan administrasi surat masuk dan surat keluar;
    • melakukan penataan arsip Desa;
    • Melaksanakan pengumpulan data yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten;
    • Menyampaikan informasi program Pemerintah Kabupaten kepada masyarakat;
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi Paragraf 3Kepala Urusan Keuangan Pasal 11.

 

Kepala Urusan Keuangan

Pasal 11

  1. Urusan Keuangan merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang membantu Sekretaris Desa dalam urusan urusan administrasi keuangan.
  2. Urusan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Urusan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Urusan Keuangan mempunyai fungsi:
    • pengurusan administrasi keuangan;
    • administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran;
    • verifikasi administrasi keuangan;
    • administrasi penghasilan Kepala Desa, Pamong Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas urusan keuangan meliputi sebagai berikut:
    • menyiapkan bahan penyusunan RAPBDesa;
    • mencatat dan menginventarisasi sumber pendapatan Desa;
    • menerima hasil pendapatan asli Desa;
    • menatausahakan keuangan Desa;
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas;dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi.

 

Kepala Urusan Perencanaan

Pasal 12

  1. Urusan Perencanaan merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang membantu Sekretaris Desa dalam urusan perencanaan.
  2. Urusan Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Urusan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Urusan Perencanaan mempunyai fungsi meliputi:
    •  menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
    •  menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan;
    •  melakukan monitoring dan evaluasi program;
    •  penyusunan laporan.
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala urusan Perencanaan meliputi sebagai berikut:
    • menyiapkan berkas-berkas dalam pelayanan kepada masyarakat;
    • memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat;
    • mencatat hasil pelayanan administrasi;
    • melaporkan hasil pelayanan administrasi;
    • mengelola arsip pelayanan;
    • menyiapkan bahan penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa;
    • menyiapkan bahan penyusunan LPPD,IPPD dan LKPJ Kepala Desa;
    • menyiapkan bahan perencanaan pembangunan Desa;
    • mengelola arsip perencanaan pembangunan;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas;dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi.

 

Kepala Urusan Umum dan Perencanaan

Pasal 13

  1. Urusan Umum dan Perencanaan merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang membantu Sekretaris Desa dalam urusan ketatausahaan, rumah tangga, perlengkapan dan perencanaan.
  2. Urusan Umum dan Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Urusan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Urusan Umum dan Perencanaan mempunyai fungsi meliputi:
    • tata naskah;
    • administrasi surat menyurat;
    • arsip;
    • ekspedisi;
    • penataan administrasi perangkat desa;
    • penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor;
    • penyiapan rapat;
    • pengadministrasian aset;
    • pengadministrasian inventarisasi;
    • pengadministrasian perjalanan dinas;
    • pengadministrasian pelayanan umum;
    • menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa;
    • menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan;
    • melakukan monitoring dan evaluasi program; dan
    • penyusunan laporan.
  4. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala urusan Umum dan Perencanaan meliputi sebagai berikut:
    • menyiapkan berkas-berkas dalam pelayanan kepada masyarakat;
    • memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat;
    • mencatat hasil pelayanan administrasi;
    • melaporkan hasil pelayanan administrasi;
    • mengelola arsip pelayanan;
    • menyiapkan bahan penyusunan RPJMDesa dan RKPDesa;
    • menyiapkan bahan penyusunan LPPD,IPPD dan LKPJ Kepala Desa;
    • menyiapkan bahan perencanaan pembangunan Desa;
    • mengelolaarsip perencanaan pembangunan;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi;
    • mencatat dan menginventarisir aset desa;
    • memelihara aset Desa;
    • mengelola administrasi kepegawaian;
    • menyiapkan bahan pelaksanaan rapat dan musyawarah Desa;
    • melakukan administrasi surat masuk dan surat keluar;
    • melakukan penataan arsip Desa;
    • Melaksanakan pengumpulan data yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten;
    • Menyampaikan informasi program Pemerintah Kabupaten kepada masyarakat;
    • Membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi.

 

Seksi Pemerintahan

Pasal 14

  1. Seksi Pemerintahan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di bidang pemerintahan,keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat.
  2. Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KepalaDesa dan di bidang administrasi dikoordinasikan oleh Seketretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi meliputi:
    • melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan;
    • menyusun rancangan regulasi desa;
    • pembinaan masalah pertanahan;
    • pembinaan ketentraman dan ketertiban;
    • pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat;
    • kependudukan;
    • penataan dan pengelolaan wilayah;dan
    • pendataan dan pengelolaan Profil Desa.
  4. Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) uraian tugas Kepala Seksi Pemerintahan meliputi sebagai berikut :
    • mencatat dan menginventarisir dokumen kependudukan;
    • mencatat dan menginventarisir data kependudukan dan perubahannya;
    • mencatat dan menginventarisasi luas, peruntukan dan pemanfaatan tanah di Desa serta perubahannya;
    • mencatat dan menginventarisasi pelaksanaan kerja sama Desa;
    • mencatat dan menginventarisasi hasil Pemilihan Umum, Pemilihan Kepala Daerahdan Pemilihan Kepala Desa;
    • mencatat dan menginventarisir kepengurusan organisasi sosial politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Desa;
    • mencatat dan menginventarisasi tingkat gangguan ketentraman dan ketertiban;
    • melaksanakan pembinaan Siskamling;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas;dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinansesuai tupoksi.

 

Seksi Kesejahteraan

Pasal 15

  1. Seksi Kesejahteraan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di Bidang Kesejahteraan.
  2. Seksi Kesejahteraan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa dan di bidang administrasi dikoordinasikan oleh Seketretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi meliputi:
    • melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
    • pembangunan bidang pendidikan, kesehatan; dan
    • melaksanakan kegiatan di bidang budaya, ekonomi,politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  4. Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi Kesejahteraan meliputi sebagai berikut:
    • melaksanakan identifikasi permasalahan pembangunan Desa;
    • melaksanakan pencatatan hasil-hasil pembangunan Desa;
    • melaksanakan penyiapan bahan untuk perencanaan pembangunan Desa;
    • melaksanakan pengendalian pelaksanaan pembangunan Desa;
    • melaksanakan identifikasi potensi ekonomi Desa;
    • melaksanakan inventarisasi Usaha Mikro;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas;dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi.

 

Seksi Pelayanan

Pasal 16

  1. Seksi Pelayanan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di bidang agama, pembinaan kemasyarakatan dan kesejahteraan rakyat.
  2. Seksi Pelayanan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa dan di bidang administrasi dikoordinasikan oleh Seketretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Kepala Seksi Pelayanan mempunyaifungsi meliputi:
    • melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
    • meningkatkan upaya partisipasi masyarakat;dan
    • pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
  4. Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) uraian tugas Kepala Seksi Palayanan meliputi sebagai berikut:
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan pendidikan masyarakat di desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pendidikan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kesehatan masyarakat di desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kesehatan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kemiskinan masyarakat di desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pengentasan kemiskinan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata di desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata;
    • melaksanakan kegiatan keagamaan;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinansesuai tupoksi.

 

Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan

Pasal 17

  1. Seksi Kesejahteraan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di Bidang Kesejahteraandan Pelayanan.
  2. Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa dan di bidang administrasi dikoordinasikan oleh Seketretaris Desa.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan mempunyai fungsi meliputi:
    • melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan;
    • pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan;
    • melaksanakan kegiatan di bidang budaya, ekonomi,politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga dan karang taruna;
    • melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat;
    • meningkatkan upaya partisipasi masyarakat; dan
    • pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
  4. Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) uraian tugas Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan meliputi sebagai berikut:
    • melaksanakan identifikasi permasalahan pembangunan Desa;
    • melaksanakan pencatatan hasil-hasil pembangunan Desa;
    • melaksanakan penyiapan bahan untuk perencanaan pembangunanDesa;
    • melaksanakan pengendalian pelaksanaan pembangunan Desa;
    • melaksanakan identifikasi potensi ekonomi Desa;
    • melaksanakan inventarisasi Usaha Mikro;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan pendidikan masyarakat di Desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan pendidikan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kesehatan masyarakat di Desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kesehatan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kemiskinan masyarakat di Desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan penuntasan kemiskinan;
    • mencatat dan menginventarisasi permasalahan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata di Desa;
    • menyiapkan bahan untuk kepentingan perencanaan peningkatan kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta wisata;
    • melaksanakan kegiatan keagamaan;
    • membuat laporan pelaksanaan tugas;
    • memanfaatkan teknologi informasi guna menyelesaiakan tugas; dan
    • melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai tupoksi.

 

Pelaksana Kewilayahan

Pasal 18

  1. Pelaksana kewilayahan dipimpin oleh seorang kepala Dusun, yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Desa dan di bidang administarsi dikoordinasikan oleh Sekretaris Desa.
  2. Kepala Dusun bertugas membantu tugas kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa di wilayah kerjanya.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mempunyai fungsi sebagai berikut:
    • pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah;
    • mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya;
    • melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya;
    • melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
  4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) Kepala Dusun dibantu oleh Lembaga Kemasyarakatan yaitu Ketua RW dan/atau Ketua RT.
  5. Dalam hal pelaksanaan tugas Pelaksanaan Kewilayahan apabila diwilayah desa tersebut tidak terdapat Kepala dusun maka tugas dimaksud dikoordinir oleh Ketua RW dan/atau Ketua RT.
  6. Pembentukan RW dan RT sesuai dengan peraturan perundang-undangan.