Begini Nih Serunya Acara IT Camp Di Pantai Angsana

BATULICIN – Puluhan pelajar dari Tanah Bumbu dan Banjarmasin bertemu di Pantai Angsana Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Pelajar dari SMKN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu dan SMKN 2 Banjarmasin ini membekali diri dengan laptop dan kamera.

Ternyata mereka datang untuk mengikuti kegiatan IT Camp atau Perkemahan Informasi Teknologi (IT) yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu dan Relawan TIK.

IT Camp ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Selama tiga hari mulai tanggal 6-8 April 2018, sebanyak 50 pelajar mengikuti kegiatan belajar IT, menanam pohon, dan kegiatan menarik lainnya.

Sekretaris Diskominfo Tanbu Riza Akhyari, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi antara batikers (sebutan peserta IT Camp) dan juga memberikan edukasi implementasi program teknis IT.

“Kegiatannya belajar IT dan langsung praktek lapangan. Selain itu juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon dan kegiatan lapangan lainnya untuk saling mengakrabkan,” jelas Riza.

Kegiatan IT Camp merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Mengusung konsep belajar di alam terbuka, kegiatan ini pun menjadikan para pesertanya begitu antusias belajar IT.

Salah satu pesertanya, Ari (18), mengatakan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuannya seputar IT. Selain itu, dengan kegiatan ini pula mengajarkannya menjadi pribadi yang mandiri dan belajar bekerja sama. “Mengikuti IT Camp baru pertama kali, senang rasanya bisa kumpul bersama teman-teman Batikers dari daerah lain,” kata Siswa kelas 2  SMKN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu.

Ia menambahkan, dengan mengikuti kegiatan IT Camp pengetahuannya bertambah karena banyak materi yang diberikan dari sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.

Hal senada juga disampaikan peserta IT Camp, Nanda, yang mengaku sangat senang mengikuti kegiatan IT Camp. Dengan kegiatan ini, sebutnya, dapat mengakrabkan hubungan dengan teman-teman dari sekolah lain. “Acaranya seru. Di samping belajar IT, kegiatan ini juga mengajarkan kedisiplinan dan mandiri,” ujar Nanda, seraya mengatakan di IT Camp tidak hanya diajarkan jaringan dan editing, tetapi juga kebersamaan dan mencintai lingkungan.

Ari Rahman, pencetus kegiatan IT Camp mengatakan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan harapan banyak lagi batikers-batikers yang ikut di kegiatan yang akan datang.

Adapun nara sumber dalam kegiatan IT Camp ini yaitu dari Kepala Bidang E-Government Diskominfo Provinsi Kalsel, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kalsel dan Sekretaris Diskominfo Tanah Bumbu Riza Akhyari.

Untuk diketahui, Batikers merupakan sebutan untuk peserta Rawa Batik (Ruang Aktivitas Warga Belajar Aplikasi TIK). Rawa Batik merupakan program terbaru dan unggulan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Bumbu. Rawa Batik ini disiapkan untuk menuju transformasi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *